MACAM-MACAM GAYA DAN PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA by Sumayasa Blogspot

MACAM-MACAM GAYA DAN PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA by Sumayasa Blogspot


Chanel Youtube >>> KLIK Sumayasa Dum Edukasi

***MACAM-MACAM GAYA***
Gaya adalah tarikan atau dorongan yang menyebabkan benda mengalami perubahan gerak atau posisi.
Gerak benda dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu :
1)    Besar kecilnya gaya yang bekerja pada benda. Misalnya, semakin kuat menarik  ketapel maka semakin jauh kerikil terlontar.
2)    Besar kecilnya gaya gesekan. Misalnya, sepeda di jalan beraspal lebih mudah bergerak dibandingkan di jalan berbatu.

Gaya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
1.    Gaya Otot
Gaya otot adalah Gaya yang di timbulkan oleh gerakan otot manusia atau hewan untuk menggerakkan suatu benda. Contoh gaya otot dalam kehidupan sehari-hari: Gerakan Pushup, Mendorong dan Menarik, Mengangkat Benda, Kegiatan membajak dengan Sapi, Kuda menarik gerobak.
2.    Gaya Pegas
Gaya Pegas adalah Gaya yang di timbulkan oleh meregangnya benda-benda elastis seperti: karet, per, dan pentil. Contoh gaya pegas dalam kehidupan sehari-hari: Karet yang di tarik, Pentil yang di tarik pada ketapel, Per yang di tarik akan merenggang.
3.    Gaya Gesek
Gaya Gesek adalah gaya yang di timbulkan oleh permukaan dua benda yang saling bersentuhan. Arah gaya gesek berlawanan dengan arah gerak benda. Contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari: Gesekan antara kain pel dengan lantai, Gesekan permukaan benda dengan lantai, Gesekan antara sepatu dengan lantai.
4.    Gaya Magnet
Gaya Magnet adalah Gaya yang di timbulkan oleh tarikan atau dorongan dari benda magnet. Benda-benda yang dapat ditarik atau di dorong oleh magnet disebut benda magnetis. Sedangkan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda diamagnetis. Berdasarkan bentuknya magnet dapat dibedakan menjadi: Magnet Batang, Magnet U, Magnet Silinder, Magnet Jarum. Contoh gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari: Penggunaan magnet pada salon, Penggunaan magnet pada Kompas, Penggunaan magnet pada Kulkas, Penggunaan magnet pada alat berat, Penggunaan magnet kumparan, Penggunaan magnet pada Rel Kereta.
5.    Gaya Gravitasi
Gaya Gravitasi adalah Gaya tarik bumi terhadap suatu benda. Dengan demikian benda-benda yang di lempar akan selalu jatuh. Akibat adanya gaya gravitasi buah akan selalu jatuh kepermukaan, benda-benda yang di lempar akan selalu jatuh. Contoh gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari: Buah mangga jatuh kepermukaan, Astronout di angkasa.

***PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA***
1.    Pengaruh Gaya Pada Bentuk Benda
Gaya dapat memengaruhi bentuk benda. Benda yang dapat diubah bentuknya umumnya merupakan benda padat. Contohnya, Plastisin, Tanah Liat, Kayu, Kaleng yang ditekan.
2.    Pengaruh Gaya Pada Benda Diam
Gaya dapat memengaruhi benda diam. Benda yang semula diam dapat bergerak karena diberikan gaya. Contoh: benda akan berpindah ketika ditarik atau didorong.
3.    Pengaruh Gaya Pada Benda Bergerak
Gaya dapat memengaruhi benda bergerak. Benda yang semula bergerak dapat menjadi diam, atau bergerak lebih cepat, dan berubah arah. Contohnya, Bola yang bergerak jika di tahan akan berpindah, arahnya berubah.

Terimakasih, telah berkunjung di Blog kami dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi video pembelajaran ini di: Video Pembelajaran Macam-macam Gaya dan Pengaruh Gaya (silahkan diakses). Follow, Subscribe, Like dan Share yach... Sampai jumpa..!!!!

No comments:

SOAL PENILAIAN HARIAN: KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 3

 SOAL PENILAIAN HARIAN: KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 3 Memuat… Waktu Pengerjaan: 20:00 menit!